Milk Day

Susu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Susu memiliki kandungan yang mendekati sempurna, setiap harinya susu dapat memenuhi sembilan nutrisi didalam tubuh. Namun tidak banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya hal tersebut, hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan masyarakat akan hal tersebut.
Konsumsi susu di Indonesia merupakan yang terendah dengan 11.7 liter per kapita per tahun pada 2010 dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia sebesar 30 liter dan Vietnam 12 Liter. Hasil studi tersebut seakan menegaskan bahwa kekurangan energi yang berasal dari protein merupakan masalah nutrisi yang dialami oleh hampir semua kelompok usia keluarga Indonesia, terutama usia sekolah (6-12 tahun), pra-remaja (13-15 tahun), remaja (16-18 tahun) dan ibu hamil.(Nielsen)
Kurangnya energi dan protein yang berkepanjangan akan membuat anak-anak Indonesia memiliki daya ingat yang lemah serta kekurangan konsentrasi dan energi selain postur tubuh yang pendek. Hal yang demikian ini tentu akan menghasilkan prestasi yang rendah dan aktifitas yang kurang optimal. Tidak heran apabila saat ini kualitas sumber daya manusia Indonesia menurut Human Development Index, berada di urutan 108 dari 169 negara.
Kajian mengenai penyebab kekurangan nutrisi disisi lain juga berasal dari kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya orang tua akan nutrisi yang tepat bagi keluarganya. Menurut Dr.Samuel Oentoro, seorang spesialis nutrisi menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, semestinya masyarakat Indonesia mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan. Tubuh manusia memerlukan konsumsi nutrisi yang tepat yang terdiri dari air dan berbagai sumber macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan kalsium. Lebih lanjut dikatakan oleh Dr. Samuel Oentoro bahwa salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi nutrisi tersebut adalah dengan mengkonsmsi susu. Susu merupakan sumber nutrisi yang terbaik bagi kesehatan tubuh manusia, mengingat kandungan susu memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral termasuk kalsium didalamnya.
Bagi anak-anak, tentu dengan mengkonsumsi susu secara cukup dan teratur tentu akan meningkatkan daya ingat, dan kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Pada akhirnya prestasi anak juga tentu lebih baik termasuk pertumbuhan badan yang lebih baik. Konsumsi dua gelas sehari akan memenuhi kebutuhan nutrisi sepanjang hari sehingga membantu menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan aktifitas. Hal ini tentu membuat produktifitas akan naik. Konsumsi susu juga akan mengurangi potensi osteoporosis, mengingat kebutuhan kalsium akan terpenuhi oleh susu sehingga tidak akan mengambil cadangan kalsium dari dalam tulang-tulang kita.
Berdasarkan hal di atas Kelompok Minat Profesi Veterinar Ternak Besar (KMPV TB) bermaksud mengadakan acara peringatan ”World Milk Day” yaitu peringatan hari susu sedunia. Peringatan ini berawal dari FAO (Badan Pangan dan Pertanian PBB) dan diikuti oleh beberapa negara seperti Cina, kemudian didukung oleh beberapa negara lain sehingga ditetapkan tanggal pasti peringatan ”World Milk Day” yaitu pada tanggal 1 Juni.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s