Sejarah Lahirnya KMPV TB

 

DDD

TBNews– Pada tahun 1985, Senat mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan yang beranggotakan Drh. Hani Armanto sebagai ketua senat, Drh. Abdul Samik dan Drh. Ira dari bagian pendidikan melakukan studi banding di Institut Pertanian Bogor (IPB).  Ternyata IPB sudah memiliki wadah bagi para mahasiswa untuk menampung minat mereka sebagai dokter hewan yaitu Kelompok Minat Profesi.

Berdasarkan hal itu, para pioneer kita mendirikan wadah bagi mahasiswa yang lebih berfokus pada ternak besar yaitu Kelompok Minat Studi Sapi Perah. Pasti kalian bertanya, kenapa hanya sapi perah??? Ya, jawabanya adalah karena pada era tahun 1985, sapi perah merupakan komoditi yang sangat penting karena sudah terorganisir dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan mulai banyaknya KUD susu, pabrik susu baik susu bubuk maupun cair. Sapi potong masih belum terkenal seperti sekarang. Bahkan program fattening pada sapi potong mulai muncul tahun 2000.

Berdirinya Kelompok Minat Studi Sapi Perah bertujuan untuk menunjang keterampilan mahasiswa dengan ilmu di lapangan yang tidak di dapatkan di bangku kuliah. Ilmu lapangan sangat berguna bagi Dokter Hewan yang akan terjun langsung ke masyarakat setelah lulus nanti. Kelompok Minat Studi ini memang benar-benar mewadahi para mahasiwa yang ingin lebih mengetahui tentang manajemen dan kesehatan sapi perah.

Namun pada tanggal 5 Febuari tahun 2000, Kelompok Minat Studi Sapi Perah berganti nama menjadi Kelompok Minat Profesi Veterinar Ternak Besar (KMPV TB). Hal ini dikarenakan hewan ternak di Indonesia semakin beragam, kususnya di ternak besar dan sangat menjadi komoditi yang penting bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani . hewan ternak disini meliputi Sapi, baik sapi potong maupun sapi perah, kerbau,  kuda, kambing, domba, dan babi.

Drh. Abdul Samik sudah menjadi dosen pembina sejak awal berdirinya KMPV TB. Beliau masih tetap dipercaya membina KMPV TB sampai serkarang. Bisa dibayangkan berapa periode beliau mendampingi KMPV kita ini??? Beliau dipilih karena kesediaan dan komitmen yang lebih pada KMPV TB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s