Pelatihan Inseminasi Buatan pada Kambing

Pengaplikasian Secara Langsung Teknik IB

TBNews-Tanggal 22 April, tepatnya hari jumat, KMPV TB mengadakan kegiatan lagi yaitu IB Kambing alias Inseminasi Buatan pada kambing. Acaranya cukup diminati, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti acara ini, yaitu sekitar 70 orang mahasiswa anggota TB yang baru bergabung.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Sambutan dari Bapak TB adalah sambutan pertama untuk para peserta IB kambing yang rata-rata didominasi  anggota TB angkatan 2010. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Mas Dilas. Kemudian dilanjutkan kuliah tentang system reproduksi kambing betina maupun jantan serta teknik pengambilan sperma dan teknik Inseminasi Buatan pada kambing oleh Bapak Pembina KMPV TB yaitu Dr. Abdul Samik , M. Si., drh. Kuliah singkat tersebut sangat dimanfaatkan para peserta, terlihat dari banyaknya pertanyaan sebelum praktikum lapangan dimulai.

Praktikum lapangan dipimpin langsung oleh Drh. Samik dan Mas Yuan sebagai Asisten Dosen di kandang sapi dekat klinik. Di sana sudah tersedia 2 ekor kambing betina yaitu betina yang sudah pernah melahirkan dan betina dara. Panitia memang sengaja melakukannya karena untuk memperlihatkan perbedaan seviks pada kedua kambing betina tersebut.

Praktikum dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama langsung menuju tempat praktikum, mencoba melihat serviks kambing  dan memasukkan gun melalui spekulum. Banyak dari para peserta sedikit takut, namun setelah mencoba sendiri ternyata sangat diluar dugaan. Mereka sangat antusias untuk mencoba kembali. Para peserta juga tidak sungkan untuk bertanya lebih banyak tentang tanda-tanda birahi kambing dan cara memasukkan gun yang baik tanpa melukai kambing. Diharapakan dengan diadakan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh anggota TB dalam meningkatkan skill,, hingga nantinya siap diterjunkan ke masyarakat.. (by:Ansa)

Leave a comment